Sabtu, 29 Mei 2010

Lanjutan >> Membuat 5 VLAN pada Packet Tracer 5.0 by CISCO System (min 2 komputer&IP Address sama)

6. Setelah selesai, selanjutnya adalah mengganti nama komputer tersebut agar tidak membingungkan nantinya. misalnya komputer 1 diberi nama: PC Yan1. Langkahnya sama saja untuk komputer ke 2 sampai komputer ke 10. Anda cukup mengganti nama PC nya saja.




7. Setelah selesai mengganti nama-nama dari setiap komputer, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi untuk menghubungkan komputer dengan switch.. caranya adalah pilih Connections ==> Koneksi yang straight.. seperti gambar dibawah ini (lihat tanda panah)



8. Arahkan kursor anda ke salah satu komputer untuk menghubungkan ke switchnya.. Misalnya PC Yan1 ke Switch.. seperti gambar dibawah ini:



Pada gambar diatas pilihlah FastEthernet, selanjutnya pilihlah FastEthernet0/1



9. Untuk PC Yan2 sampai PC Yan10 langkah-langkahnya sama saja dengan PC Yan 1. Hanya mengganti komputer yang diklik dan FastEthernetnya.

10. Setelah semua komputer terkoneksikan ke switchnya, maka tunggu sampai lampu-lampu yang ada pada ujung komputer dan ujung switch sampai berwarna hijau. Seperti gambar dibawah ini:



11. Setelah semua lampu-lampunya berwarna hijau, maka sekarang kita akan mengatur konfigurasi IP Address untuk masing-masing komputer. Pada Komputer 1 (PC Yan1), anda klik kemudian akan muncul sebuah tampilan (seperti gambar dibawah) lalu anda pilih config kemudian FastEthernet. Pada kotak FastEthernet tersebut anda harus mengisikan IP Addressnya Misalnya 192.168.1.1 kemudian di Tab secara otomatis akan muncul Subnet Masknya 255.255.255.0.



12. Hal serupa dilakukan pada Komputer 2 (PC Yan2) sampai Komputer ke 10 (PC Yan10), yang berbeda hanyalah pengisian pada IP Addressnya. Disini saya mengisi IP Addressnya berdasarkan nama komputernya jadi tidak sulit deh.. Misal komputer 2 (PC Yan2) IP addressnya 192.168.1.2 => 2 yang dibelakang ini merupakan nomor komputernya... IP yang saya gunakan jenisnya kelas C.




13. Langkah selanjutnya adalah mengetest apakah IP yang telah dibuat sudah terkoneksi ke jaringan atau belum. caranya adalah dengan mengklik komputernya (misal PC-Yan1) kemudian akan muncul tampilan. anda pilih Desktop รจ Command Prompt.



14. Setelah itu muncullah sebuah tampilan command prompt. dan ketiklah Ping 192.168.1.1 untuk mengetestnya. jika sudah berhasil maka akan ada balasan seperti gambar dibawah ini. jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Request timed out. Hal yang sama lakukan juga pada PC Yan2 sampai PC Yan3 untuk mengecek apakah sudah terhubung atau blum.


15. Selanjutnya yaitu mengatur VLAN pada switchnya… Caranya yaitu klik pada switchnya. kemudian akan muncul tampilan kotak dialog Switch. disini saya mengganti nama switchnya dengan nama SwitchYan. (Ingat!! Display name harus sama dengan Hostnamenya) seperti gambar dibawah ini.



16. Setelah mengganti nama switchnya selanjutnya Pilihlah VLAN DATABASE Pada kotak-kotak berwarna biru di sebelah kiri. selanjutnya isilah VLAN Name dan VLAN Numbernya.. Misalnya VLan Namenya VLan Yan dan VLan Numbernya 2. kemudian klik Add untuk menambah VLan yang telah kita buat.



17. Kan kita membutuhkan 5 VLAN, jadi kurang 4 VLAN lagi kan?? caranya sama saja teman-teman, hanya saja yang diganti VLAN Name & VLAN numbernya. Misalnya VLAN name: Ari dan VLAN Number: 3. (Jangan lupa di ADD ya biar masuk ke Databasenya)



18. Nah, skrg kita akan membuat VLAN yang ke-3 nih… Caranya sama saja teman-teman, hanya saja yang diganti VLAN Name & VLAN numbernya. Misalnya VLAN name: Desi dan VLAN Number: 4. (Jangan lupa di ADD ya biar masuk ke Databasenya)



19. Selanjutnya kita akan membuat VLAN yang ke-4 nih… Caranya sama saja teman-teman, hanya saja yang diganti VLAN Name & VLAN numbernya. Misalnya VLAN name: Nia dan VLAN Number: 5. (Jangan lupa di ADD ya biar masuk ke Databasenya)



20. Dan yang terakhir membuat VLAN yang ke-5 nih… Caranya sama saja teman-teman, hanya saja yang diganti VLAN Name & VLAN numbernya. Misalnya VLAN name: Putri dan VLAN Number: 6. (Jangan lupa di ADD ya biar masuk ke Databasenya)

21. Setelah Selesai membuat 5 VLAN selanjutnya menghubungkan VLANnya ke masing-masing computer. 2 omputer masing-masing memiliki 1 VLAN. Misalnya Komputer 1 dan 2 (PC Yan1&PC Yan2) berada pada VLANYan. Caranya Gampang kok.. tinggal klik Switchnya kemudian pilih Config lalu Pilih FastEthernet0/1. setelah itu akan muncul tampilan kotak, lalu ada pilihan checkbox VLAN. kita klik checkboxnya lalu Pilih 2.VLANYan. (ini VLAN ke-1 yang kita buat tadi loh..)

22. Pada PC Yan3 & PC Yan4 berada pada VLanAri. Caranya sama saja tinggal klik Switchnya kemudian pilih Config lalu Pilih FastEthernet0/3. setelah itu akan muncul tampilan kotak, lalu ada pilihan checkbox VLAN. kita klik checkboxnya lalu Pilih 3.VLANAri. (ini VLAN ke-2 yang kita buat tadi loh..)


23. Pada PC Yan5 & PC Yan6 berada pada VLanDesi. Caranya sama saja tinggal klik Switchnya kemudian pilih Config lalu Pilih FastEthernet0/5. setelah itu akan muncul tampilan kotak, lalu ada pilihan checkbox VLAN. kita klik checkboxnya lalu Pilih 4.VLANDesi. (ini VLAN ke-3 yang kita buat tadi loh..)



24. Pada PC Yan7 & PC Yan8 berada pada VLanDesi. Caranya sama saja tinggal klik Switchnya kemudian pilih Config lalu Pilih FastEthernet0/7. setelah itu akan muncul tampilan kotak, lalu ada pilihan checkbox VLAN. kita klik checkboxnya lalu Pilih 5.VLANNia. (ini VLAN ke-4 yang kita buat tadi loh..)

25. Pada PC Yan9 & PC Yan10 berada pada VLanDesi. Caranya sama saja tinggal klik Switchnya kemudian pilih Config lalu Pilih FastEthernet0/9. setelah itu akan muncul tampilan kotak, lalu ada pilihan checkbox VLAN. kita klik checkboxnya lalu Pilih 6.VLANPutri. (ini VLAN ke-5 yang kita buat tadi loh..)


26. Selanjutnya yaitu melakukan Create PDU pada masing-masing komputer. Saya akan memberitahu anda dimana letak create PDU'a. perhatikan gambar berikut ini (lihat tanda panahnya)



27. Lalu arahkan PDU tersebut ke komputer 1(PC Yan1) kemudian. Isilah Destination IP Address dengan PC Yan2, Isi TTL dengan 1, Sequence Number 1 dan One Short Time 1. Seperti gambar dibawah ini.



28. Hal yang sama dilakukan pada PC Yan3& PC Yan4, PC Yan5 & PC Yan6, PC Yan7 & PC Yan8 dan PC Yan9 & PC Yan10. Langkah-langkahnya sama saja, dengan mengisi IP Address tetangganya yang berada dalam 1 VLAN.

30. Setelah 10 komputer di create, selanjutnya mengetes dengan menggunakan simulation mode. caranya adalah sebagai berikut (lihat tanda panah):


31. Selanjutnya akan muncul tampilannya. dan kliklah Auto Capture/Play untuk memulai seperti gambar dibawah ini.



31. Setelah berhasil maka semua komputer akan successfull.. perhatikan gambar



semua komputer telah terkoneksi dengan VLANnya dan selesai lah membuat 5 VLAN...

Terima Kasih ... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar