Sabtu, 29 Mei 2010

Membuat 5 VLAN pada Packet Tracer 5.0 by CISCO System (min 2 komputer&IP Address sama)

Assalamu'alaikum wr.wb...
Teman-teman udah tau Packet Tracer blum??? kalau belum., Packet Tracer adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Cisco. Dimana software tersebut berfungsi untuk membuat suatu jaringan komputer atau sering disebut dengan computer network. Di dalam Packet Tracer ini lah sebuah alat untuk membuat VLAN.
Teman-teman,,sebelum saya menjelaskan langkah-langkah membuat 5 VLAN pada Packet Tracer dengan menggunakan 2 komputer dengan masing-masing dalam satu IP address yang sama, ada baiknya terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu VLAN supaya tidak bingung nantinya... ^_^
VLAN adalah singkatan dari Virtual LAN. VLAN ini berfungsi untuk mengelompokan/mengsegmentasi suatu jaringan menjadi lebih kecil untuk mengurangi beban kerja Switch tersebut. Nah, setelah mengerti tentang VLAN serta fungsinya, saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah pembuatannya.. Tidak sulit kok karena ini masih dasar dan hanya menggunakan 1 Switch saja. Selain itu, saya juga menjelaskan dengan gambar sehingga teman-teman akan lebih mudah memahami.. baiklah kita akan mulai...

Langkah-langkah membuat 5 VLAN dengan 2 komputer masing-masing ber-IP sama..:

1. Sebelumnya anda harus terlebih dahulu menginstal Packet Tracer pada komputer ataupun laptop anda.. setelah software ini terinstal maka anda dapat memulai membuat konfigurasinya.. Softwarenya dapat anda download di situs-situs yang bersifat free.. tinggal cari aja di om google ntar ketemu dech...heheh... met mencoba ya... ^_^

2. Setelah Packet Tracer terinstal.. maka tampilan awal (interface) dari Packet Tracer tersebut adalah seperti gambar dibawah ini:


3. Dalam program ini telah tersedia beberapa komponen–kompenen atau alat–alat yang sering dipakain atau digunakan dalam system network tersebut, Misalkan contoh seperti kabel Lan ( cross over, console, dll ) , HUB, SWITCHES, ROUTER dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat dengan mudah membuat sebuah simulasi jaringan computer di dalam PC anda, simulasi ini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap–tiap alat tersebut dan cara pengiriman sebuah pesan dari komputer 1 ke computer lain dapat di simulasikan juga disini.

Dalam program tersebut terdiri beberapa menu yang di tampilkan pada program ini diantaranya:

  1. Kolom Menu : Kolom menu pada bagian atas sebelah kiri ini merupakan bagian yang sering kita lihat dalam setiap software, dimana terdiri antara lain adalah:

  • File
  • Option
  • Help
  • Pada icon menu File . kita dapat temukan perintah basis dasar seperti membuat file baru ( New ), membuka file ( Open ), menyimpan file ( Save/Save As ), mencetak file ( Print ) dan juga kita dapat mengakses aktivitas wizard melalui menu file ini.
  • Pada menu options, didalamnya mencakup tentang tampilan dasar dari data yang akan kita buat, seperti animasi, sound dsb dan tampilan gambar.
  • Dan yang terakhir adalah menu Help. Menu help merupakan satu panduman dalam software tersebut dimana kita dapat langsung mengakses tata cara penggunaan dari software ini.

2 Kolom Short Cut

Pada bagian ini, dapat dilihat berapa shortcut seperti NEW, OPEN, PRINTER, SAVE, dan ACTIVITY WIZARD. Dan pada sisi kanan, kita juga akan temukan shortcut Network Information dan Help. Fungsi kolom ini adalah memudahkan kita mencarikan sesuatu hal yang kita inginkan dengan cepat.

3. Kolom Alat Bantuan Umum
Bagian ini menyediakan akses yang biasanya menggunakan peralatan workspace. Bagian ini merupakan sebuah perintah antara lain: memilih ( Select ) ,memindahkan tata ruang ( Move Layout ), menempatkan catatan ( Place Note ), menghapus ( Delete ), memeriksa ( Inspect ), menambahkan PDU Sederhana dan Kompleks.

4. Kolom Logical/Physical Workspace

Pada bagian ini disediakan dua macam Workspace, yaitu Phisik dan logical Workspace. Dimana logis workspace merupakan tempat yang untuk membuat sebuah simuasi jaringan computer. Dan Phisik Workspace adalah merupakan tempat yang untuk memberi suatu dimensi phisik ke topologi jaringan computer. Hal tersebut bisa memberikan pengertian skala dan penempatan sesuatu jaringan komputer pada suatu lingkungan ( kantor,dll ) .

5. Workspace (Tempat kerja)

Area ini merupakan sebuah tempat dimana kita akan merencanakan atau membuat sebuah jaringan, mengamati simulasi pada jaringan tersebut serta mengamati beberapa macam informasi dan statistik.

6. Kolom Realtime/Simulation

Pada bagian ini tersedia dua item yang diantaranya : mode Simulasi dan mode Realtime, dimana :

  • Realtime, dalam mode simulasi adalah simulasi pada item yang dapat dilihat dan sekaligus mengamati protek yang kita buat/rancang.
  • Dalam mode Simulasi . kita dapat lihat panel simulasi yang beberapa perintah antara lain :

-
  • Reset Simulation : untuk mengulangi simulasi
  • Constant Delay : Penundaan tetap
  • Auto Capture/Play : menjalankan simulasi secara automatic
  • Capture/Forward: menjalankan simulasi

7. Kolom kumpulan daftar alat-alat dan jenis-jenisnya yang digunakan dalam membuat jaringan

8. Pada Kolom 8 dan 9 merupakan daftar alat-alat dan jenis-jenisnya. berikut adalah isi-isinya:
8.1. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. Fungsi dari Router adalah penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. gambar dari Router pada Packet Tracer adalah sebagai berikut (lihat tanda panah):


8.2 Selanjutnya Switch... Switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. Switch berbeda dengan router. Gambar dari Switch dalam Packet Tracer adalah (lihat tanda panah):


8.3 Selanjutnya Hub... Hub adalah alat penghubung antar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana. Gambar dari Hub adalah sebagai berikut (lihat tanda panah):


8.4 Selanjutnya icon Wireless Device yaitu sebuah perangkat yang menghubungan/mengkoneksikan satu jaringan komputer ke jaringan komputer lain. Gambar dari Wireless Device adalah sebagai berikut (lihat tanda panah):

8.5 Selanjutnya Icon gambar Connections yaitu penghubung antara computer dengan switch/router/hub.


8.6 Selanjutnya adalah gambar alat End Device dan jenis-jenisnya. Gambarnya dapat dilihat dibawah ini.

8.7 Selanjutnya adalah gambar WAN Emulation beserta jenis-jenisnya.


8.8 Gambar selanjutnya yaitu Custom Made Device beserta jenis-jenisnya.

8.9 Dan yang terakhir yaitu Multiuser Connections yaitu penghubung banyak koneksi antar user. Gambarnya dapat dilihat dibawah ini:



4. Setelah mengetahui fungsi-fungsi yang terdapat di dalamnya, selanjutnya kita akan membuat Switch. langkahnya adalah tekan kursor anda pada Device Switch - kemudian pilih Switch 2950-24


5. Setelah itu langkah selanjutnya adalah membuat 10 komputer. caranya adalah dengan mengklik daftar alat (device) End Device - pilih Generic (icon komputer disebelah kanannya).



1 komentar:

  1. packet tracer 5.3 sekarang dah bisa diunduh disni..
    http://www.indowebster.com/Packet_Tracer_53__1.html

    BalasHapus